Kamis, 20 September 2012

Adelaide Benarkan Van Dijk Izin ke Indonesia

Striker Adelaide United Sergio van Dijk dikabarkan sedang berada di Indonesia untuk menjajaki kemungkinan bermain di salah satu klub di Indonesia. Pihak klub mengungkapkan bahwa strikernya itu memang telah mengajukan izin untuk meninggalkan klub sementara waktu, hingga 24 September 2012.

Belum diketahui pasti, klub mana yang akan melakukan penjajakan dengan top skor Liga italia musim 2010 itu, karena selain Persib Bandung, Sriwijaya FC juga dikabarkan meminati Van Dijk. Belum lagi, Pelita Jaya yang memiliki kedekatan dengan striker yang proses naturalisasinya belum rampung itu.

Seperti dikutip dari Worldgame, Van Dijk hanya bermain 16 menit saat Adelaide bertanding melawan Bunyodkor di leg pertama perempatfinal Liga Champions Asia, di Hindmarsh Stadium yang berakhir 2-2.Setelah laga tersebut Van Dijk tidak dijumpai saat tim melakukan sesi latihan pemulihan.

“Dengan klub memiliki satu agenda latihan, kami sepakat untuk memberi waktu kepada Sergio untuk mengurus kepentingan pribadinya di luar negeri. Van Dijk akan kembali lagi dalam latihan pada Senin. Dalam tahap ini, kami tidak bisa memberikan komentar lebih jauh,” ujar juru bicara klub.

Van Dijk bergabung dengan Adelaide pada 2010 dari Brisbane Roar, dan menjadi pemain kunci di lini depan skuad asuhan Bruce Djite itu, namun beberapa bulan terakhir pemain 30 tahun itu Van Dijk tak jarang menjadi penghangat bench.

Meski telah memiliki lima pemain asing, Persib berencana mendaratkan Van Dijk di Paris van Java, julukan Bandung, karena mendapat bantuan finansial dari Presiden Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn Sugita. Namun pihak Adelaide mengaku belum ada pendekatan resmi dari Persib untuk pemain berkepala plontos itu.

Selain itu mereka berharap Van Dijk bisa dimainkan dengan status pemain lokal, karena  Van Dijk tinggal melakukan sumpah WNI untuk merampungkan proses naturalisasinya. Pemanggilan untuk melakukan sumpah, sebenarnya sudah dilayangkan pihak Kemenkum HAM kepada Van Dijk pada akhir tahun lalu, namun Van Dijk tidak hadir. Ketika itu hanya lima pemain naturalisasi yang hadir melakukan sumpah. Mereka yaitu Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Tony Cusell dan John van Beukering.

Menurut peraturan di Kemenkum HAM, calon WNA yang sedang melakukan proses naturalisasi diberi kesempatan untuk melakukan sumpah WNI dalam jangka waktu tiga bulan, setelah pemanggilan. Jika tidak dipenuhi maka proses naturalisasinya hangus

0 komentar:

Posting Komentar